Jumat, 25 Maret 2011

Cegah Kanker Usus dengan Makanan Berserat

Makanan kaya serat dapat mencegah serangan kanker usus. Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Imperial College, baru-baru ini.

Penelitian yang dibiayai oleh World Cancer Research Fund (WCRF) menemukan mengonsumsi tiga porsi makanan kaya serat dalam sehari dapat mengurangi risiko terserang kanker usus. Untuk lepas dari penyakit ini, para ahli menganjurkan agar rutin mengonsumsi sereal, gandum, buah-buahan, sayuran, juga kacang-kacangan.

Kanker usus (besar rectum) atau sering disebut kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada jaringan kolon/usus besar atau rektum. Kanker ini adalah salah satu dari bentuk kanker yang paling umum dan penyebab kedua kematian yang disebabkan oleh kanker di dunia Barat.

Kanker kolorektal biasanya tidak menimbulkan gejala pada stadium awal. Gejala biasanya baru timbul pada stadium lanjut. Gejala-gejala kanker usus yaitu, tinja berbentuk runcing (seperti pinsil), darah dalam tinja, perubahan kebiasaan BAB (diare atau sembelit yang semakin intens), sakit perut, sering kelelahan, dan penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas. Jadi berhati-hatilah bila Anda mengalami gejala di atas.
Sumber: Liputan6.com

Tidak ada komentar: